Social Media Marketing


Memanfaatkan Social Media untuk Marketing


Social media adalah salah satu cara bagi orang untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara online. Sepuluh tahun terakhir ini kita telah melihat bagaimana social media terus bertambah dan menjadi semakin popular. 

Dalam beberapa tahun terakhir ini, membuat konten juga sudah menjadi semakin simple. yang telah membantu meroketnya penggunaan media sosial. Pengguna web sekarang dapat dengan mudah membuat konten pada sejumlah platform yang berkembang pesat, seperti blog dan forum, lalu mempromosikan konten mereka di berbagai platform social media, sambil berinteraksi langsung dengan pembaca dan konsumennya. 

Untuk bisnis, pergeseran konsumerisme web dan meningkatknya penggunaan social media membawa peluang dan tanggung jawab. Jumlah data yang sangat banyak yang disediakan pelanggan melalui media sosial saja dapat membuat web marketer semangat dalam mengeksekusi strategi marketing mereka. Tetapi sebenarnya social media menciptakan peluang bagi bisnis untuk membangun hubungan yang langsung dan berkelanjutan dengan pelanggan bisnis mereka. Kita memiliki tanggung jawab untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Perilaku konsumen sendiri sudah berubah, termasuk ekspektasi mereka. Dengan kata lain, Kita bisa memulai percakapan dengan pelanggan melalui social media. Kita bisa menggunakan social media untuk mengetahui apa yang pelanggan suka dan tidak suka serta apa yang mereka inginkan dari bisnis atau brand kita. 

Mengapa bisnis perlu melakukan social media marketing? 

Menurut data dari Market Force, 81% keputusan pembelian yang dilakukan oleh pelanggan dipengaruhi oleh postingan social media teman-temannya. Dengan kata lain, ketika followers kkta terlibat dan berinteraksi dengan akun social media, tidak hanya kita membangun koneksi dengan mereka tetapi juga mempengaruhi keputusan pembelian mereka dan teman-teman pelanggan. 

Selain itu, menurut data dari Hubspot, 71% pengguna social media mengatakan bahwa mereka akan lebih mungkin melakukan pembelian setelah mereka melihat review atau referensi dari social media. Jadi ketika ada pelanggan yang mereferensikan bisnis kita ke orang lain melalui social media, ada kemungkinan bahwa orang lain akan lebih tertarik untuk melihat bisnis kita. 

Data lain dari Bazaarvoice mengatakan bahwa conversions dapat meningkat sebesar 133% jika seorang pembeli melihat review bagus tentang bisnis kita sebelum mereka belanja. Review baik dari Google atau Facebook serta platform social media lainnya dapat meyakinkan customer untuk mencoba produk atau jasa dari bisnis kita.
Customer sekarang menggunakan social media untuk mencari brand dan bisnis baru. Social media memberikan kemudahan untuk para pelanggan dalam mencari tahu lebih tentang bisnis atau brand itu sendiri serta melihat review dan opini dari customer lainnya. 

Di luar sana, sudah ada banyak social media yang bisa dimanfaatkan untuk social media marketing. Semuanya kembali ke kebutuhan kita. Berikut ini adalah daftar social media yang paling popular dan paling banyak digunakan di dunia saat ini.

1. Facebook 

Facebook adalah salah satu social media yang paling banyak digunakan saat ini. Saat ini, Pages untuk brands di Facebook sudah benar-benar dioptimasi untuk bisnis. Customer bisa melihat waktu operasional bisnis kita dan lokasi toko kita melalui fitur maps. Tidak hanya itu, customer juga bisa meninggalkan review dan melihat konten-konten terbaru kita. Facebook juga menyediakan CTA untuk pages for brands untuk membantu bisnis kita mencapai goal social media marketing kita.  

Ada banyak bisnis menggunakan Facebook sebagai platform utama dalam strategi social media marketing mereka. Bisnis-bisnis tersebut fokus dalam mengelola halaman Facebook mereka. Ini adalah strategi yang baik. Tetapi kita perlu memperhatikan bahwa algoritma terbaru Facebook akan mempengaruhi jangkauan audience. Jika ingin menjangkau audience baru dengan cepat, bisa menggunakan layanan Facebook ad. 

Cara Meningkatkan Followers dan Likes Followers kerap kali dijadikan patokan seberapa terkenal dan disenangi diri kita di media sosial atau platform online sejenis. Telah banyak studi psikologi yang mendukung adanya fenomena yang terjadi tersebut. 
Hal-hal yang bisa meningkatkan followers, antara lain: 

a.  Mengirim Konten Bagus 

Usahakan agar konten kitatak hanya menarik tetapi juga bisa memuat manfaat lain. Manfaat lainnya yaitu menghibur atau menambah wawasan pembaca. Ketika seseorang menganggap konten kita berguna atau mungkin lucu, mereka biasanya sangat mudah untuk menekan share atau like button, sehingga orang lainnya bisa melihat aktivitas ini dan tertarik untuk ikut berteman dengan kita di Facebook dan like post yang kita bagikan. 

b.  Menulis Bio Secara Profesional atau Sensasional 

Bio biasanya adalah bagian pertama yang dilihat atau ditinjau oleh pengunjung akun Facebook kita. Jika Kita menulisnya secara bertele-tele dan membosankan seperti sebuah pidato yang buruk, kemungkinan besar mereka tidak akan tertarik berteman atau mengikuti kita di Facebook apalagi melihat post-post kita. Kita bisa membuat bio yang nyeleneh sehingga orang benar-benar tertarik dengan kita atau membuatnya sangat profesional, apalagi Facebook yang kita kelola adalah milik perusahaan. 

c.  Menggunakan Hashtag 

Hashtag akan mengundang para pengguna Facebook lainnya untuk membuat post dengan hashtag yang sama pula. Selain itu, hashtag akan mempermudah kita ataupun pengguna lain dalam mencari konten terkait keyword tertentu. Dengan begitu post kita akan lebih mudah ditemukan dan kita akan memiliki peluang besar mendapat teman atau pengikut baru yang nantinya akan juga meninjau post-post kita dan bahkan menyukainya. 

d.  Terlibat dengan Sesama Pengguna 

Cobalah tingkatkan engangement kita dengan followers kita. Engangement yang dimaksud adalah interaksi dan kedekatan relasi kita dengan mereka atau yang berteman dengan kita di Facebook. Balaslah secara aktif dan atraktif komentar-komentar mereka di post dalam Facebook kita. Kemudian cobalah juga membuka sebuah diskusi dengan menanyakan pendapat mereka tentang suatu hal di Facebook kita. Dengan begitu, mereka akan merasa dilibatkan dan senang berinteraksi dengan kita terus di Facebook, mungkin juga mereka menjadi loyal kepada kita (rajin share dan like post kita). 

e.  Memastikan Post Bersifat Shareable 

Kita perlu memastikan pengaturan privasi kita tidak terlalu tertutup atau ketat. Sebab jika tujuan kita ingin mendapat banyak followers dan likes, tentunya kita tidak mengatur privasi post kita sangat ketat sampai orang tak dapat membagikannya ke pengguna lain.  

f.  Mengelola Hubungan dengan Influencer 

Kita sebenarnya bisa juga meningkatkan jumlah followers da likes dengan berkatrol pada media social influencer lainnya. Tapi jangan lakukan ini secara norak atau tidak etis. Cobalah dengan cara-cara natural yang membuat kita lebih dihargai oleh influencers tersebut. Salah satu contohnya adalah menjawab pertanyaan yang dilontarkan influencer dengan jawaban kreatif dan atraktif. Selain disadari oleh inluencer tersebut, para pengikut inluencer tersebut juga akan tertarik pada kita. Selanjutnya, mereka mungkin saja menjadi followers kita dan menyukai post atau komentar kita yang lainnya. 

g.  Tetap Aktif 

Usahakan kita tetap aktif di Facebook. Bila akun kita tidak aktif untuk waktu yang lama, kemungkinan meningkatnya followers dan likes kita juga akan berkurang. Sebab pengikut kita tidak akan menyadari eksistensi kita. Meninjau Facebook dengan Analytics Tools. Sebagian besar strategi media sosial yang sukses melibatkan pemantauan metrik dan menganalisis kinerja posting kita  selama ini. 

Beberapa alat ini menawarkan analisis untuk beberapa situs media sosial sekaligus, sehingga bisa kita gunakan untuk menganalisis media sosial kita yang lainnya. 

• Facebook Analytics 

Tentu saja, tempat pertama untuk memulai analisis adalah tool dari Facebook itu sendiri, melalui platform ini. Alat ini tersedia untuk admin Facebook Page. Begitu kita memiliki lebih dari 30 followers atau banyak yang menyukai halaman kita,Tool ini menyediakan metrik rinci tentang pos kita dan engangement yang telah berasil didapatkan. Ada pula analisis yang akan dilakukan pada segmentasi niche market kita yang dapat membantu lebih memahami penggemar atau followers di Facebook. 

Metrik keterlibatan dapat dilihat dalam rangkuman keseluruhan atau untuk beberapa pos tertentu saja. Ini dapat membantu kita memahami jenis konten apa yang paling sesuai dengan segmentasi kita. Hal ini biasa sebut dengan kaitan niche market dan niche topic. Jadi Kita bisa menganalisis nilai posting yang dipromosikan. Ada metrik lebih lanjut tentang penayangan video, aktivitas yang terjadi pada halaman Facebook kita dan seberapa besar jangkauan post kita. 

• LikeAlyzer 

Alyzer adalah tool sederhana dan gratis yang memungkinkan kita memasukkan halaman Facebook tanpa otorisasi untuk mengukur dan menganalisis kinerjanya. Tool ini memberi nilai dari 1 ke 100 bagi halaman Facebook kita, dan membandingkannya dengan halaman Facebook lainnya. Ini berarti Kita juga bisa mengintip halaman Facebook pesaing atau kompetitor bisnis kita. Laporan tersebut mencakup berbagai bagian yang masing-masing dilengkapi dengan metrik dan saran untuk perbaikan. Metrik seperti rasio keterlibatan, waktu, dan lama posting semuanya memiliki rekomendasi untuk meningkatkan output kita dan membantu kita mendorong lebih banyak engangement di media sosial satu ini. LikeAlyzer adalah alat gratis yang disediakan oleh Meltwater, yang juga menawarkan analisis lebih rinci dibanding tool dari Facebook sendiri. 

• Simply Measured 

Laporan analisis Facebook yang gratis dari Simply Measured ini setidaknya memiliki empat jenis pelaporan yang luar biasa dalam membantu kita memantau Facebook kita dan mengembangkannya. Pertama adalah insight raport, yang menampilkan data Facebook Insight ke dalam beberapa grafik keren. Informasi mencakup keterlibatan, jangkauan, cerita, jenis post, tayangan, halaman sejenis, sumber lalu lintas, statistik penggemar, aktivitas, dan demografi. 

Ada laporan analisis kompetitif, memungkinkan Kita membandingkan 10 halaman Facebook kompetitor kita dengan maksimal 250.000 penggemar atau pengikut. Tool ini juga menunjukkan keseluruhan metrik perbandingan dalam serangkaian grafik, keterlibatan pada pos admin, tingkat respons pelanggan, serta pos teratas dengan berbagai metrik keterlibatan untuk masing-masing. 

Berikutnya adalah laporan fan page mendalam, dengan sejumlah besar metrik keterlibatan, komunitas, dan konten. Pengguna teratas diurutkan menurut jumlah pos, komentar, dan total engangement. Ada waktu analisis per hari / minggu dan analisis top link, domain serta posting.

Laporan terakhir menyangkut analisis isi. Menampilkan rincian konten kita dengan detail menarik. Tool ini juga menunjukkan jenis, engangement, general keyword dan domain teratas dari semua fitur dalam laporan ini. Mengenai biaya, pelaporan ini sebenarnya bisa didapat gratis tetapi hanya sejumlah 4 kali analisis. Selanjutnya, kita akan diminta membayarnya. 

• Agorapulse 

Agorapulse menawarkan dua jenis tool analisis Facebook gratis. Satu memungkinkan kita untuk membandingkan halaman Facebook kita, memberi tahu kita jika konten kita performanya di atas rata-rata dan metrik mana yang memerlukan perhatian lebih untuk kita kelola. Yang kedua memungkinkan kita untuk menjalankan kompetisi, kuis dan undian di garis waktu yang kita tentukan. 

Main suite adalah alat manajemen dan engangement tool untuk beberapa akun media sosial, termasuk Facebook kitaa. Saat Kita terlibat dengan Agorapulse, kita dapat melacak tingkat reaksi dan waktu yang kita habiskan untuk membalasnya. Alat ini mencakup juga analisis terhadap influencer atau pengguna paling berpengaruh yang paling banyak berinteraksi atau membicarakan kita di Facebook mereka. 

Laporan terperinci termasuk tingkat halaman dan analisis tingkat timeline. Kita dapat melihat rincian traffic berbayar, organic traffic dan viral traffic. Kita dapat memahami jenis konten yang paling ok, dan tool ini memiliki kalkulator untuk mengetahui ROI pemasaran Facebook kita. Selain itu, laporan dapat disesuaikan dan dapat didownload sebagai presentasi sebanyak 20 slide powerpoint. Biayanya gratis, namun untuk mengakses main suite kita perlu membayar sejumlah uang dalam mata uang Dollar. 

• Quintly 

Quintly dapat memberikan analisis ke banyak platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, Instagram dan YouTube. Tool ini tersedia gratis untuk analisis Facebook. Main suite-nya adalah perangkat dashboard yang berbeda, hadir dengan dashboard standar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita yang ingin menganalisis Facebook kita. Kita dapat memiliki beberapa dashboard untuk melacak berbagai klien atau pelanggan yang ada di Facebook. 

Tool ini mencakup analisis terhadap social profile kita dan pesaing atau kompetitor bisnis. Kemudian tool ini juga memvisualisasikan data hasil analisisnya untuk membantu kita memahami konten terbaik kita dengan jenis metrik yang komparatif alias menyediakan perbandingannya. Ada data yang meliputi influencer, customer care, sponsored post, content, dan banyak lagi jenis data lainnya. Tool ini dapat menganalisis dengan mencakup lebih dari 250 metrik, dan laporan dapat dibuat serta disesuaikan dengan mudah agar kita lebih mudah mengaksesnya. Biayanya sebenarnya gratis, tetapi setelah 14 hari kita akan diminta untuk membayar sejumlah uang dalam mata uang Dollar untuk melanjutkan menggunakan tool Quintly ini. 

2.  Twitter 

Twitter memang mengalami naik turun dalam popularitasnya sebagai tool social media marketing. Meski begitu, Twitter tetap bisa bertahan dan banyak bisnis yang masih menggunakan twitter untuk strategi marketingnya. Twitter sendiri sebenarnya hanya akan efektif menjadi marketing tool, jika Kita bisa memulai percakapan di Twitter. 

Ada banyak bisnis yang menggunakan twitter hanya untuk meletakkan link ke blog mereka tanpa melakukan engagement yang berarti. Jika Kita tidak melakukan percakapan dengan user lain, maka marketing kita tidak akan efektif di Twitter. Pada Twitter, Kita bisa membuat polls dan konten-konten yang diakhiri dengan pertanyaan untuk memulai percakapan. Hal ini agar kita mendapat lebih banyak retweet dan response. Twitter chat juga adalah salah satu cara yang bagus untuk menjaga hubungan dengan komunitas dan memulai percakapan tentang bisnis kita. 

3.  Instagram 

Instagram memang dimiliki Facebook, tetapi mereka adalah platform yang berbeda dengan Facebook. Instagram adalah platform yang lebih mengutamakan visual dengan estetik yang mengagumkan dan video menarik di seluruh platformnya. Pengguna Instagram juga terus meningkat dan Instagram memiliki engagement rate paling tinggi dibanding dengan platform social media lainnya. Walaupun mereka juga merubah algoritma Instagram dan sekarang tidak lagi kronologis, profil bisnis Instagram tidak mengalami penurunan sebesar yang terjadi dengan algoritma baru Facebook. 

Untuk memanfaatkan Instagram, sebaiknya Kita menggunakan semua fitur yang disediakan oleh Instagram. Kita bisa membuat stories, posting foto setiap hari, dan gunakan hashtag yang relevan untuk memulai percakapan dan mendapatkan follower baru.  

4.  LinkedIn 

Jika bisnis kita bergerak di industry B2B, kita harus memiliki akun LinkedIn. Kita perlu membuat profil untuk kita sendiri dan perusahaan kita. Dengan LinkedIn, Kita bisa mencari pekerja atau mempromosikan bisnis kita. LinkedIn banyak digunakan oleh para profesional untuk berbagi berita industry dan kebanyakan konten yang ada juga lebih dalam dan berkisar pada topik tentang karir dan kehidupan profesional. 

Dalam membuat konten untuk LinkedIn, Kita perlu memposting konten yang teman-teman dan customer potensial kita piker valuable, actionable, dan thoughtprovoking. Ini adalah konten yang sering dishare di LinkedIn dan mendapat banyak engagement. Kita juga bisa membuat LinkedIn Ads untuk memperbanyak jangkauan share Anda. 

5.  Pinterest 

Pinterest bisa dibilang sedikit berbeda dengan social media lainnya. Fokus pinterest adalah agar penggunanya menyimpan konten. Pinterest bisa dibilang seperti gabungan dari wishlist dan vision board. Pada Pinterest, Kita bisa menemukan apapun dari resep makanan sampai instruksi interior design. 

Untuk bisnis sendiri, Pinterest mungkin tidak akan cocok untuk semua jenis bisnis tetapi Pinterest bisa menjadi platform yang tepat untuk beberapa industry. Dengan menggunakan keyword yang tepat di deskripsi profil serta judul dan descriptions yang tepat untuk boards dan pins, Kita bisa mendapatkan traffic dan berbagi konten, produk, dan idea kita dengan audience yang lebih engaged. 87% pengguna Pinterest sudah pernah membeli barang karena Pinterest. 93% penggunanya mengatakan bahwa mereka menggunakan Pinterest untuk merencanakan pembelian. Sementara 83% dari pengguna Pinterest mengatakan bahwa mereka lebih mem-follow brand daripada celebrity di website ini. Dari data-data tersebut, Kita bisa melihat bahwa Pinterest banyak digunakan untuk melakukan research produk dengan banyak users mencari produk baru dari search engine Pinterest. 

6.  Youtube 

Youtube adalah platform video terbesar di dunia. Dengan berbagai macam video di Youtube, Kita bisa memanfaatkan Youtube untuk marketing. Seperti Pinterest, keyword adalah bagian penting dari Youtube marketing. 

Letakkan keyword di judul video, deskripsi video serta tags. Anda bisa membuat video seperti tutorial, Q&A, dan konten informasional yang dicari oleh audience. Eksekusi marketing di YouTube adalah gabungan dari content marketing dan social media marketing. Jangan lupa untuk mengirim traffic ke website utama kita untuk meningkatkan conversions. 

7.  Snapchat 

Social media yang satu ini memang lebih popular dengan orang-orang berusia di bawah 25 tahun. Snapchat bisa bermanfaat untuk brand yang unik dan humoris. Seperti Instagram, Snapchat adalah platform yang lebih visual tetapi gambar yang kita gunakan di Snapchat tidak harus HD. Ini membuat Snapchat lebih mudah digunakan dan Kita bisa mengeluarkan konten dengan lebih cepat. 

Selain platform-platform di atas, masih ada platform social media yang lebih kecil. Jika bisnis Kita jatuh ke audience yang niche, Kita mungkin akan menemukan bahwa beberapa platform lain bisa membantu bisnis kita. Misalnya, untuk pecinta music, music.ly app adalah salah satu aplikasi yang popular. Selain itu ada juga social media seperti Flickr dan Tumblr yang bisa kita pertimbangkan untuk bisnis kita. 


7 comments: