Contents


Gambar 1. Alur Konten
Struktuk Konten

Gambar 2. Strukur Konten

Cara Membuat Konten yang ramah terhadap Mesin Pencari (SEO Friendly)

A.  Kata Kunci dalam Postingan

Google menerapkan lebih dari dua ratus aturan untuk menentukan peringkat sebuah blog dan kontennya di SERP. Meskipun aturan-aturan itu sangat rahasia, beberapa pakar SEO sering membagikan pendapat mereka tentang cara mendapatkan peringkat pada SERP berdasarkan penelitian mereka.

Salah satu aturannya adalah mengoptimalkan konten untuk SEO dan menggunakan kata kunci dalam konten dengan benar. Dalam posting kali ini, saya akan membagikan cara menggunakan kata kunci dalam postingan dan di mana menggunakannya. 

Cara terbaik menggunakan Kata Kunci dalam Konten tidak ada yang tahu apa yang diinginkan Google di halaman web dalam menentukan peringkat sebuah konten. Semua aturan dan istilah yang kita temukan untuk SEO hanyalah asumsi. Karena Google tidak pernah mengungkapkan rahasia mereka. Jadi, ketika kita mencoba mengoptimalkan konten untuk SEO, ingatlah hal-hal berikut ini:
  1. Jangan pernah mencoba menipu Google, karena mereka lebih pintar dari kita.
  2. Satu hal yang jelas bahwa Google mencoba yang terbaik untuk menemukan hasil terbaik untuk pencari. Karena itu memang sudah menjadi tugas Google. Jika mereka tidak bisa melakukan itu, mereka akan gulung tikar. Jadi, kita fokus pada mengoptimalkan postingan untuk pembaca kita, Google akan menemukan konten kita dan memberi peringkat di halaman hasil pencarian.
  3. Gunakan satu atau dua frasa kata kunci dalam postingan. Menggunakan lebih banyak kata kunci dapat membingungkan mesin pencari tentang topik postingan kita.
  4. Jangan pernah menggunakan kata kunci yang sama pada lebih dari satu postingan. Jika kita melakukannya, maka sebenarnya kita akan bersaing dengan konten kita sendiri dalam meraih peringkat pada Search Engine Result Page (SERP).
  5. Coba gunakan long tail keywords.
  6. Gunakan kata kunci dalam konten kita secara alami. Jangan pernah mencoba menggunakan kata kunci di sana-sini untuk memikat mesin pencari. Ini sebenarnya akan merusak konten kita dalam hal SEO dan kita akan dianggap sebagai spammer di mata Google.
  7. Kita tidak perlu mengoptimalkan semua postingan untuk SEO. Karena dapat membahayakan produktivitas blog kita.
  8. Jika kita sudah menerbitkan beberapa postingan di blog, kita juga dapat mengedit dan mengoptimalkan konten tersebut untuk SEO. Sangat baik untuk memulai dengan postingan kita yang paling populer. kita dapat menggunakan Google Analytics untuk menemukan postingan kita yang paling populer. 

 B.     Tempat Menggunakan Kata Kunci dalam Konten


Sebelum mulai menulis, langkah pertama adalah menemukan kata kunci yang akan digunakan dalam postingan. Kita dapat menggunakan Google Keyword Planner Tools untuk tujuan ini. Setelah kita menemukan kata kunci, kita bisa mulai menulis konten berdasarkan kata kunci. Menggunakan kata kunci saat menulis draf pertama dapat menghambat produktivitas dan kreativitas kita. Jadi, fokus pertama adalah menyelesaikan draf pertama kita. Setelah menyelesaikan draf pertama, saat mengedit mengoptimalkan konsep untuk SEO dan menggunakan kata kunci di tempat yang berbeda.

1.    Judul Postingan

Judul harus menjelaskan topik postingan dengan jelas. Sehingga orang-orang, serta mesin pencari, dapat memahami tentang apa postingan tersebut. Jadi, kita harus menggunakan kata kunci dalam judul postingan.
Saat menggunakan, cobalah untuk menempatkan kata kunci di awal judul. Lebih khusus lagi, coba gunakan kata kunci dalam 60 karakter. Untuk mengetahui bagaimana cara menulis artikel yang SEO-Friendly pelajari Artikel Cara Menulis SEO-Firendly di Google Search Engine atau yang lainnya.

2.    Deskripsi Penelusuran

Deskripsi penelusuran adalah apa yang kita lihat di bawah judul posting dan URL di SERP. Mesin pencari sering menampilkan pengantar postingan sebagai deskripsi penelusuran dalam hasil pencarian. Menggunakan kata kunci dalam deskripsi penelusuran tidak secara langsung terkait dengan peringkat pencarian. Tetapi ini membantu pencari untuk menentukan apakah mereka akan mengklik judul atau tidak.
Jadi, itu bisa menjadi ide bagus untuk menggunakan kata kunci dalam pengantar postingan kita. Setidaknya cobalah untuk memperjelas topik di awal postingan. Saat menulis, coba gunakan kata kunci dalam 200 karakter.

3.   Subheading.

Subheading membagi konten menjadi beberapa bagian dalam dunia online, subheading membantu pembaca untuk membaca postingan dengan cepat dan membantu mereka memutuskan apakah mereka akan membaca seluruh postingan atau tidak.  Itu yang membuat postingan menyenangkan untuk dibaca. Tidak perlu menggunakan kata kunci di semua subheading. Cara terbaik adalah menggunakan beberapa kata kunci pada salah satu subheading.

4.    Isi Postingan

Isi postingan adalah salah satu faktor peringkat SEO. ini tempat paling penting untuk menggunakan kata kunci di dalamnya dengan benar. Penggunaan kata kunci yang tidak benar dapat merusak konten kita dalam hal SEO. Jadi, kita harus berhati-hati menggunakannya pada bagian konten atau isi.

Berikut adalah hal-hal perlu diperhatikan dalam isi postingan:
 a.  Hindari penggunaan kata kunci yang bertele-tele. Tidak bijaksana menggunakan kata kunci dalam setiap kalimat pada konten kita. Google akan menghukum kita karena ini. 
 b. Kata kunci yang bertele-tele pada konten akan sangat sulit dibaca dan dapat membuat pembaca kita bosan. 
 c.     Coba gunakan kata kunci di paragraf pertama. 
 d.    Sebarkan kata kunci dan variasinya di seluruh konten. 
 e.    Coba gunakan kata kunci Latent Semantic Indexing (LSI). 
 f.     Buat konten kita menyenangkan untuk dibaca dan mudah dimengerti. 

5.   Gambar/Video

Menggunakan gambar dalam postingan membuat konten menyenangkan untuk dibaca. Mesin pencari juga mengindeks gambar. Jadi, menggunakan kata kunci di dalamnya dapat meningkatkan peringkat SEO kita.

Tapi, bagaimana dan di mana menggunakan kata kunci dalam gambar postingan?
  a.    Gambar harus relevan dengan topik postingan kita. 
 b. Kurangi  ukuran file ga mbar. Ukuran file besar butuh waktu lama untuk memuat. Hal ini dapat membahayakan SEO konten kita. 
 c.    Ganti nama gambar sebelum diunggah ke blog. Coba gunakan nama atau variasi kata kunci utama kita yang relevan. 
 d.   Tulis judul gambar saat mengunggah. Judul adalah sesuatu yang kita lihat ketika mengarahkan mouse ke gambar postingan. Buat itu relevan dengan gambar. 
 e.  Terakhir, tulis Alt tag gambar dan coba gunakan kata kunci utama kita di tag. Daripada hanya menggunakan kata kunci, buat Alt tag deskripsi gambar.

 6.  URL Postingan

URL adalah apa yang kita lihat di address bar browser web apapun. Dalam SERP, ditampilkan tepat di bawah judul tulisan. Saat menggunakan kata kunci dalam URL posting, perlu perhatikan hal-hal berikut :
  a.     Memuat angka dan string di URL saja tidak baik untuk SEO. 
  b.  URL harus pendek dan bermakna. Sehingga baik pembaca dan maupun mesin pencari bisa memahaminya. Dan itu harus menjelaskan tentang apa postingan tersebut. 
 c. Gunakan kata kunci utama di URL dengan logis bagi orang-orang yang mengunjungi postingan. 
 d.  Sekali lagi jangan mencoba menggunakan kata kunci yng bertele-tele dalam URL. 

7.    Link Anchor Text

Kita sering perlu menautkan postingan lain pada sebuah postingan untuk memberikan sumber yang lebih banyak untuk dibaca oleh pembaca. Kami menggunakan beberapa teks saat menautkan ke posting lain daripada hanya URL halaman. Teks-teks itu disebut anchor text.

Menggunakan kata kunci dalam link anchor text baik untuk pembaca dan mesin pencari untuk memahami topik posting yang kita tautkan. Perlu diingat hal-hal berikut saat menggunakan kata kunci dalam link anchor text untuk menjaga SEO yang lebih baik.
  a.   Meskipun tidak ada batasan, link anchor text harus pendek. 
  b.  Link anchor text tidak boleh berisi kata kunci yang sama dengan postingan yang kita tautkan. Seharusnya kata kunci dari postingan yang kita tautkan. 
 c.   Untuk Menghindari kata kunci yang bertele-tele dalam link anchor text, gunakan variasi kata kunci. 
 d. Selalu mencoba menautkan ke postingan yang relevan. Menautkan postingan yang tidak relevan sebenarnya tidak baik untuk SEO. 

No comments:

Post a Comment