About

Digital Marketing Proces
Gambar 1. Digital Marketing Proces

Pengertian dan  Manfaat Digital Marketing


A.  Pengertian dan Tujuan Digital Marketing

Digital Marketing merupakan aktivitas promosi baik itu untuk sebuah brand maupun produk menggunakan media elektronik (digital). Yang juga merupakan sebuah kegiatan pemasaran yang menggunakan media digital dan dikerjakan oleh manusia maupun alat yang canggih sehingga identik dengan inovasi, teknologi, kemajuan dan perkembangan.
Tujuan dari Digital Marketing (DM), sendiri secara ringkas yaitu:
1.       Untuk menjangkau target konsumen secara cepat, tepat dan luas.
2.       Untuk Meningkatkan brand awareness.
Kedua tujuan di atas dapat diraih dengan cara meningkat jumlah customer/traffic melalui media elektronik, baik yang sifat komersial maupun social, seperti: Google Search, Pinterest, Twitter, Reddit, Google+, facebook, instagram, Email marketing, you tube, dan banyak lagi yang lainya.
Secara umum untuk mendapatkan traffic baru atau potential customer mengunjungi website e-commerce, dengan membuat content (deskripsi produk) yang sesuai dengan geografi, demografi, behaviour dan interest customer, selanjut ditawarkan melaui pendekatan dan tindakan marketing secara online. Tindakan online marketing bertujuan agar orang-orang mengenal brand perusahaan kita, mendapatkan traffic baru atau potential customer, mendorong untuk melakukan order di website e-commerce perusahaan kita dan membuat customer yang sudah ada untuk melakukan repeat purchase atau mendorong mereka menjadi loyal customer. 

B.  Membangun Database Market Konsumen

Dengan membangun database market konsumen yang tepat dan sesuai dengan produk atau jasa perusahaan. Database ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk menawarkan melalui email atau iklan yang sangat efektif dan efisien dalam kegiatan marketing digital. Dan melakukan analisa untuk menerapkan sistem digital marketing yang paling efektif dan efisien. Menggunakan beberapa macam alat sebagai halaman analisa untuk mengukur sebuah iklan, prilaku user, dan termasuk penggunaan anggaran iklan, sehingga benar-benar sesuai target pemasaran. 

C.  Aset Digital Marketing

Beberapa aset Digital Marketing yang digunakan antara lain:

1.  Website

Sejak dari dulu website menjadi pilihan banyak orang untuk kemudahan akses informasi, kecepatan tukar data, menyebar luaskan produk, tempat jual beli online, dan media promosi. Kita dapat memulai menggunakan digital marketing dengan membuat website yang tepat. Biaya membuat website tergolong murah untuk modal membangun bisnis jika dibandingkan dengan biaya untuk membuka toko atau kantor langsung.

2.  Content Marketing

Content artinya adalah isi yang berada pada sebuah media digital misalnya seperti artikel pada website, postingan dan caption pada facebook dan Instagram, termasuk adalah video baik di youtube, website dan sosial media.
Tentu saja jenisnya yang mempunyai nilai marketing yaitu bisa menarik perhatian, baik untuk meningkatkan brand awareness atau mendapatkan penjualan dari content marketing tersebut

3.  Social Media

Media jejaring sosial yang sangat ramai digunakan ratusan juta orang diseluruh dunia. Tempat saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Layanan sosial media sudah menawarkan tempat beriklan yang sangat murah khusus contohnya seperti beriklan di Facebook, Twitter dan Instagram.

4.  Search Engine Optimization (SEO)

Mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing menjadi media online yang paling paling banyak digunakan orang mencari informasi. Search engine dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan konsumen yang tepat sesuai dengan apa yang di cari menggunakan Search Engine Optimization (SEO). Kita bisa membuat banyak content yang dioptimasi SEO untuk mendapatkan banyak pengunjung website yang bisa menjadi peluang sebagai calon customer.

5.  Google Ads (Search Engine Marketing)

      Tempat khusus untuk beriklan dari Google antara lain:
a.   Search Engine Marketing, iklan yang muncul di halaman teratas pencarian Google,
b. Display Network, iklan banner ads yang muncul di website dan blog yang ramai pengunjung,
c.   You tube Ads, yakni iklan di You tube adalah layanan iklan video dari Google. 

6.      Email Marketing

Yakni email yang berisikan promosi dari suatu layanan atau toko online, itulah penggunaan email sebagai marketing. Hampir semua pengguna internet sudah mempunyai email aktif yang potensial sebagai alat penawaran produk atau jasa. Menggunakan email tidak bisa asal kirim, tetapi menggunakan database subscriber yaitu orang-orang yang berminat dengan dengan bisnis perusahaan kita.

D.  Dampak Digital Marketing

Pada dasarnya, dunia Digital Marketing memiliki banyak teknik pendekatan dan tindakan marketing secara online. Tabel di bawah berikut akan menjelaskan dampak berbagai tindakan online marketing termasuk Search Engine Optimization (SEO) untuk berbagai komponen, seperti: Brand Awareness, Lead Generation, Conversion dan Retention. Berikut pemetaan jelasnya pada tabel di bawah ini:









         
          
       

        

          

           Keterangan : 

  •     Brand awareness adalah komponen tujuan khusus jika perusahaan kita baru di market tertentu dan kita ingin agar orang-orang mengenal brand perusahaan kita. 
  •    Lead generation secara umum adalah mendapatkan traffic baru atau potential customer mengunjungi website  e-commerce perusahaan kita. 
  •    Conversion adalah mengkonversi leads yang datang, mendorong visitor untuk melakukan order di website e-commerce dan menjadi customer Perusahaan kita. 
  •   Retention membuat customer perusahaan kita yang sudah ada untuk menciptakan repeat purchase pada website dan mendorong mereka menjadi loyal customer perusahaan kita.

1 comment: